Kamis, 24 September 2020

Polytron U-Slim kedip kedip

 Kali ini saya dapat garapan polytron u-slim PS52UV03M dengan gejala lampu indikator kedip kedip, kadang bisa start tapi tidak lama gambar bagian samping mulai menyempit dan langsung kedip kedip . Karena dilihat dari gejala kedip kedip yg sering saya jumpai biasanya hanya c505 mulai lemah. 



Setelah saya buka tutup belakangnya langsung saya cek tegangan b+ ternyata drop hanya 67v saja, untuk tegangan 38v hanya terukur 24v disertai naik turun mengikuti irama indikatornya. Saya kira seperti biasanya c505 drop, setelah di cek kapasitasnya normal. 

Berhubung keadaan c505 masih normal saya lanjut cek elko bagian skunder dalam keadaan normal semua, karena ada yg bilang kalau tegangan drop biasanya bagian primer yang bermasalah lalu saya coba ganti fet regulator, setelah saya ganti dan di cek tetap saja tegangan drop, lalu saya coba ganti op dan tl431 juga sama tidak ada perubahan. Coba lepas kaki optocoupler bagian skunder tegangan bisa over dan sambung kaki optocoupler bagian primer tegangan bisa drop yg menandakan regulator masih normal.

Setelah di pastikan bagian primer normal saya pindah lagi obok obok bagian skunder, buka r520 untuk paksa start masih belum mempan, buka t506 juga belum mempan, ganti d511 juga tidak mempan, cek semua resistor bagian skunder juga tidak ada yg molor. Sempat saya sudah mau nyerah karena browsing dan nanya teman teman yang lain semua saran sudah di coba ternyata masih saja tegangan drop.

Akhirnya saya coba lagi cek satu persatu area optocoupler karena masih kurang yakin dengan lebih teliti dan ketemu 1 komponen yang lolos atau belum di test dan akhirnya ketemu yang jadi biang keroknya yaitu c528 (220pf) kapasitasnya sudah berkurang. Setelah diganti langsung saya coba dan tegangan langsung normal terbaca 114v, setelah di lihat layarnya ada tulisa POLYTRON, oh sungguh senang hatiku,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar