Jumat, 25 November 2022

Panasonic TH-32A402G ada suara tidak ada gambar

 Kali ini saya akan berbagi tentang tv Panasonic TH-32A402G yang hanya bersura tapi tidak ada gambar.

Tv ini agak jarang masuk ke servis karena memang pengeluarannya lebih sedikit dari pada saudaranya TH-32A302G.

Setelah saya bongkar tv ini menggunakan ic driver inverter MP3398A dengan menggunakan backlight sebanyak 27 kancing atau 3 baris masing-masing ada 9 kancing dan setiap kancingnya membutuhkan daya 3v, jadi untuk menghidupkan backlight butuh butuh tegangan kira-kira sekitar 81v (27x3v).



Pengecekan awal saya coba cek tegangan yg ke inverter 36v saat standby dan setelah di start hanya naik ke 38v dan turun lagi ke 35v, saya kira protek karena ada led yg sort.

Setelah saya bongkar backlight dan di cek satu persatu ternyata masih normal semua tidak ada yang putus atau yang sort, karena tidak ada masalah lalu saya tutup kembali.

Setelah selesai pasang kembali backlight langsung saya cek bagian inverter, setelah beberapa saat cek satu persatu tidak di temukan komponen yg bermasalah sehingga menyangka ic driver mp3398a itu yg bermasalah dan harus di ganti. Karena biasanya jarang ic driver inverter ini yang rusak dan biasanya kebanyakan dioda bost up nya yang sering rusak sehingga saya putuskan untuk menggantinya walaupun di cek normal dan akhirnya hidup meskipun yang aslinya menggunakan HBR3150 tapi saya ganti dengan SR5100.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar